RAB Bangunan


Apakah RAB itu? RAB adalah kepanjangan dari Rencana Anggaran Biaya. Dalam hal ini berkaitan dengan upaya untuk merencanakan dana yang kita gunakan dalam membangun bangunan.
Ini mutlak diperlukan untuk memulai suatu kegiatan membangun.
Apa sajakah yang terdapat dalam RAB ?
Pada prinsipnya yang terdapat adalah analisa, harga satuan, rincian pekerjaan dan biaya serta rekapitulasi anggaran.
  1. Analisa, merupakan hasil analisa yang berupa jumlah material atau upah dalam suatu jenis pekerjaan. Misal setiap satu meter persegi dinding bata memerlukan kurang lebih 70 buah batu bata ukuran standart, pasir kurang lebih 0,03 meter kubik, semen kurang lebih 0,2 zak 40 kg dan upah seorang pekerja selama 0,3 hari.
  2. Harga satuan, merupakan harga material dan harga upah pekerja saat ini.
  3. Rincian pekerjaan, meliputi semua pekerjaan yang akan dikerjakan dalam membangun. Rincian ini biasanya dimulai dengan persiapan, pekerjaan pondasi, pekerjaan struktur, pekerjaan kusen dan jendela, pekerjaan atap, pekerjaan listrik, sanitair, sampai pekerjaan finishing. Harus dipahami dan dicermati untuk rincian tiap pekerjaan.
  4. Rekapitulasi anggaran. Merupakan jumlah harga yang terdiri dari tiap rincian pekerjaan. Total keseluruhan merupakan rencana biaya anggaran untuk pekerjaan bangunan.
RAB berperan penting sebagai cek dan panduan dalam memulai pekerjaan dari awal hingga akhir sekaligus melihat kebutuhan keseluruhan dana yang diperlukan dalam mengerjakan suatu bangunan.